Selebriti Medsos di Pakistan, Qandeel Baloch Tewas Dibunuh Secara Terhormat oleh Kakaknya

Selebriti media sosial di Pakistan, Qandeel Baloch telah dibunuh oleh kakaknya dalam sebuah aksi pembunuhan atas nama "kehormatan keluarga" di Kota Multan. Hal ini menimbulkan shok di kalangan warga Pakistan.

Qandeel selama ini dipuji oleh generasi muda di negara itu karena  kemampuannya untuk memecahkan tabu sosial. Namun iadikutuk oleh kaum konservatif.

"Qandeel Baloch telah tewas, ia dicekik sampai mati oleh kakaknya. Rupanya itu adalah insiden pembunuhan demi kehormatan," Sultan Azam, perwira polisi senior di Multan, kepada AFP.

Gadis berumur 20an yang memiliki nama asli Fauzia Azeem itu , sedang melakukan perjalanan dengan keluarganya ke desa Muzzafarabad di provinsi Punjab pusat untuk liburan Idul Fitri baru-baru ini.

"Dia dibunuh di sana pada Jumat malam,  sementara saudaranya, Wasim, sekarang dalam pelarian," kata polisi.

Sekitar 100 petugas  mencar pelaku pembunuhan.

"Putri saya tidak bersalah, kita tidak bersalah, kami ingin keadilan, mengapa anak saya dibunuh?" Ayah Baloch, Azeem Ahmad kepada wartawan di sana.

Polisi kemudian mencatat kasus pembunuhan terhadap kakaknya berdasarkan keluhan ayahnya ditulis, di mana ia menuduh putranya membunuh putrinya untuk kehormatan karena "anaknya ingin dia berhenti showbiz".

Setiap tahunnya ratusan perempuan Pakistan dibunuh karena "kehormatan keluarga" .

Para pembunuh sangat berjalan bebas karena undang-undang yang memungkinkan keluarga korban untuk memaafkan pembunuh - yang sering juga relatif.

Berita pembunuhan itu tren di media sosial di Pakistan, dengan pengguna liberal memuji keberanian Baloch, tetapi beberapa konservatif - termasuk pengguna yang diidentifikasi sebagai wanita - mengutuk tanpa henti promosi diri nya.

Dalam satu komentar yang khas, pengguna Twitter @JiaAli menulis: "Seseorang harus melakukannya, sebab Dia adalah aib.."

Sementara Facebook pengguna Zaair Hussain mengatakan: "RIP Qandeel Baloch Anda membuat kami tertawa, dan Anda membuat kami salut,." Menambahkan bahwa sejarah akan mengingatnya sebagai "provokator".

Baloch meraih ketenaran di Pakistan pada 2014 setelah video cemberut nya di kamera dan bertanya "Bagaimana em mencari?" pergi virus.

pembangkangan nya tradisi dan pertahanan dari pandangan liberal memenangkan banyak pengagum nya di kalangan penduduk sangat muda Pakistan.

Tapi di negara di mana perempuan telah berjuang untuk hak-hak selama beberapa dekade, dan serangan asam dan pembunuhan kehormatan tetap biasa, dia juga dicerca oleh banyak dan sering tunduk pada penyalahgunaan misoginis.

Baloch memancing kontroversi bulan lalu setelah berpose untuk foto narsis dengan ulama profil tinggi, yang tegas ditegur oleh Departemen Agama negara.

Awal tahun ini dia bersumpah untuk melakukan striptis jika tim kriket Pakistan mengalahkan India di Dunia T20, meskipun mereka kemudian kehilangan.

"Orang-orang akan gila -. Terutama perempuan saya mendapatkan begitu banyak panggilan di mana mereka bilang aku inspirasi mereka dan mereka ingin menjadi seperti saya," katanya kepada AFP setelah membukukan selfie provokatif pada Hari Valentine.

Dalam wawancara terakhirnya dengan terbesar koran berbahasa Inggris Pakistan Dawn ia berbicara tentang menikah melawan kehendaknya pada usia 17 untuk "seorang pria tidak berpendidikan" dengan siapa dia memiliki seorang anak, menambahkan bahwa mereka kemudian bercerai.

Dia dilaporkan telah berbicara tentang meninggalkan negara itu karena takut akan keselamatannya, dengan Dawn melaporkan bahwa permintaannya kepada pejabat untuk perlindungan telah diabaikan.

Obaid-Chinoy kepada AFP pembunuhan menunjukkan tidak ada perempuan di Pakistan akan aman "sampai kita mulai mengirim orang-orang yang membunuh wanita ke penjara".

"Tidak ada satu hari di mana Anda tidak mengambil kertas dan melihat seorang wanita belum tewas," pembuat "A Girl di Sungai: The Price of Forgiveness" kepada AFP, menambahkan: "Ini adalah epidemi ".

Film Obaid-Chinoy ini dielu-elukan oleh Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, yang pada bulan Februari bersumpah untuk mendorong melalui undang-undang pembunuhan anti-kehormatan.

Tidak ada tindakan telah diambil sejak saat itu, meskipun gelombang baru baru-baru ini serangan terhadap perempuan.

"Para aktivis berteriak sendiri serak," kata Obaid-Chinoy. "Ketika akan berhenti?" (BERITA:)
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel