Wabup Mimika Kukuhkan Paskibra 2016

Salah satu Anggota Paskibra Kabupaten Mimika yang dikukuhkan mencium Bendera Merah Putih. SAPA/Saldi

SAPA (TIMIKA) – Wakil Bupati (Wabup) Mimika Yohanis Bassang, SE.,M.Si mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) HUT RI ke 71 Tahun 2016, di Graha Eme Neme Yauware, Selasa (16/8) malam.

Upacara pengukuhan Paskibra Pemkab Mimika, dihadiri masing-masing kepala satuan yang diantaranya Danbrigif 20/IJK Letkol Inf Frits W Pelamonia, Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Windarto, Kapolres Mimika AKBP Yustanto Mujiharso, Danlanal Timika Letkol Laut (P) Victor P.Y Siagian, Danlanud Timika Letkol Pnb Agustinus Gogot, Danyonif 754/ENK Mayor Inf. Johanes Parinussa, Danyon B Brimob Polda Papua Kompol Arif Dodi, Kajari Timika Alex Sumarna, Dansatrad 243 Timika Mayor Lek Danang Purwanto, Dandenkav 3/SC Mayor Kav. Muslimin Rahim serta para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Mimika, perwakilan DPRD Mimika dan orang tua dari anggota Paskibra.

Upacara diawali dengan penyematan tanda peserta Paskibra oleh Wabup Mimika kepada dua perwakilan Paskibra. Setelah itu dilanjutkan dengan amanat inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Wabup menyampaikan imbauan bahwa, pelaksanaan upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 71, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan Pemkab Mimika, agar dapat dilaksanakan dengan tertib dan hikmat selama upacara berlangsung.

Selanjutnya kepada para Paskibra, Wabup mengharapkan disaat melaksanakan Pengibaran Bendera Pusaka, dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Saya harap saat melaksanakan pengibaran bendera sang merah putih, harus dilakukan dengan rasa penuh tanggung jawab. Sebab, kalian (Paskibra) merupakan orang-orang terpilih,” kata Wabup.

Selain itu Wabup mengajak kepada semua masyarakat maupun peserta upacara yang hadir dalam pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan, dapat memaknai arti dari warna bendera merah putih sebagai simbol negara. Dimana bendera merah putih telah diperjuangkan para pahlawan terdahulu dengan mengorbankan seluruh jiwa dan raga. Selanjutnya, hari ke 17 dibulan Agustus tahun 1945, dikatakan memiliki makna yang sangat penting karena didalamnya terkandung perjuangan para pahlawan demi mewujudkan Kemerdekaan Negara Indonesia seutuhnya.  

“Saya minta kepada rekan-rekan semuanya, disaat bendera merah putih dinaikkan, semuanya harus siap dan hormat, tidak ada yang melakukan gerakan atau tindakan tambahan,“ tegas Wabup.

Diakhir amanatnya, Wabup secara resmi mengukuhkan anggota Paskibra Pemkab Mimika tahun 2016, yang nantinya akan melanjutkan tugas mengibarkan bendera merah putih di upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke 71 di Mimika, Rabu besok.

Upacara pengukuhan Paskibra dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Paskibra oleh salah satu perwakilan Paskibra dan diikuti seluruh anggota Paskibra, serta dilanjutkan mencium bendera merah putih oleh masing-masing anggota Paskibra  dengan diiringi lagu Syukur. (Red)
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel