Lemasko Juara Satu Lomba Karnaval HUT RI Ke 71

Lemasko tampilkan tarian sekka saat mengikuti karnaval. SAPA/Indriyani

SAPA (TIMIKA) – Lembaga Masyarakat Suku Kamoro (Lemasko) terpilih sebagai juara satu lomba karnaval dalam rangka HUT RI ke 71, yang diberlangsung di Graha Eme Neme Yauware, Kamis (18/8).

Tarian Sekka mengantarkan Lemasko berhasil mengalahkan puluhan peserta lainnya yang tampil menggunakan pakaian tradisional dari barbagai daerah yang ada di Indonesia.

Karnaval yang  diikuti sekitar 45 peserta yang terdiri dari kalangan Sekolah, Perguruan Tinggi, SKPD, BUMN, BUMD dan organisasi masyarakat, dilepas Asisten IV Setda Mimika Alfred Douw, S.Pd, yang juga sebagai Plt Sekda Mimika.

Dalam sambutannya, Douw mengatakan bahwa, karnaval ini merupakan suatu moment untuk mengajak semua lapisan masyarakat yang ada di Mimika agar dapat memaknai kemerdekaan.

Dikatakan, karnaval yang berlangsung setiap tahunnya ini, tentunya harus diikuti semua unsur. Sebab partisipasi untuk menyemarakkan HUT RI bukan hanya milik Pemkab Mimika saja.

Untuk itu kepada panitia, Douw meminta  harus mempersiapkan segala sesuatu yang tentunya tidak menjadikan masalah bagi peserta lomba yang berhasil mendapatkan juara.

“Panitia harus benar-benar mensukseskan kegiatan ini. Jangan lagi ada masalah dikemudian hari berkaitan dengan hadiah pemenang,” kata Douw.

Setelah memberikan sambutan, Douw kemudian melepas peserta karnaval, yang menempu rute Jalan Budi Utomo, Cenderawasih, Yos Sudarso, Pendidikan dan kembali finis di Halaman Graha Eme Neme Yauware.

Ditempat terpisah, Wakil Bupati Yohanes Bassang, SE.,M.Si melepas pawai kendaraan hias yang diikuti sekitar 50 peserta, di Halaman Kantor Sentra Pemerintahan, SP 3.

Pawai kendaraan hias ini melewati rute, Jalan Cenderawasih, Trikora, Ahmad Yani, Hasanuddin, Budi Utomo dan finis di Halaman Graha Eme Neme Yauware.

Sementara itu, untuk pemenang lomba karnaval tingkat SD, juara satu SDN 3, juara dua SD YPPK Nawaripi, dan juara tiga SDN 2. Untuk tingkat SMP, juara satu SMP Santa Maria, juara dua SMPN 8, dan juara tiga SMP Taruna Darma. Ditingkat SMU, juara satu SMA Teologia Kristen, juara dua SMAN 2 dan juara tiga SMA N 6 .

Sedangkan untuk kategori umum, juara satu Lemasko, juara dua Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB), dan juara tiga Lembaga Pengembangan Anak Terlantar dan Putus Sekolah.

Koordinator lomba Simon Motte mengatakan, perlombaan karnaval ini bukan semata-mata untuk mencari yang terbaik, tetapi karnaval ini hanya untuk mengangkat semangat kebersamaan.

“Saya pikir jangan melihat dari menang kalahnya, tetapi dengan karnaval ini kita bisa membangkitkan kembali semanggat kebersamaan dalam mengisi Kemerdekaan RI yang ke 71 ini,” kata Motte. (Ricky Lodar/ Indri Yani Pariury)

 
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel