Pemprov Dukung Sinergi Pengawasan Keuangan Negara

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Provinsi Papua mendukung penuh peningkatan sinergi pengawasan keuangan negara yang digagas Badan Pemeriksa Keuangan dan Dewan Perwakilan Daerah RI dalam kunjungan kerjanya ke "Bumi Cenderawasih" belum lama ini.

Asisten Bidang Umum Sekda Provinsi Papua Elysa Auri di Jayapura, Jumat (5/8) mengatakan, sinergi pengawasan keuangan negara yang melibatkan semua pemangku kepentingan itu dapat dikolaborasikan dalam suatu sistem.

"Di mana dalam sinergitas tersebut melibatkan Pemprov Papua, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), bupati, inspektur, dan instansi terkait dalam rangka pengawasan keuangan," katanya.

Menurut Elysa, dalam sinergi tersebut akan muncul akuntabilitas sebagai wujud transparansi yang merupakan syarat mendasar dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ketua DPD RI Irman Gusman mengatakan akuntabilitas pemerintah merupakan ciri "good governance" yang menegaskan bahwa pengelolaan administrasi publik merupakan isu utama dalam pencapaian pemerintahan yang bersih.

"Praktik pemerintahan yang baik juga dapat meningkatkan iklim keterbukaan, integritas, dan akuntabilitas sesuai dengan prinsip dasar 'good governance' pada sektor publik," katanya.

Untuk mewujudkan akuntabilitas pemerintahan daerah, DPD RI terus mendorong pemerintah daerah melakukan beberapa hal, seperti membangun dan memajukan daerah.

"Membangun dan memajukan daerah ini diwujudkan dengan meningkatkan kualitas sumber daya aparatur serta pendidikan pemerintahan bagi masyarakat," ujarnya.(Ant)
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel