Pemkab Asmat Bangun PPI Dorong Sektor Perikanan

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, kini tengah membangun Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di kawasan Pelabuhan Omor, Agats, sebagai salah satu upaya untuk mendorong tumbuh kembangnya sektor perikanan di daerah itu.

Bupati Asmat Elisa Kambu di Timika, Senin (1/8) mengatakan, sektor perikanan merupakan primadona Kabupaten Asmat dalam upaya meningkatkan penerimaan daerah selain sektor pariwisata.

Melalui pembangunan PPI di Omor tersebut diharapkan terjadi peningkatan produksi hasil tangkap nelayan maupun pengiriman ikan ke luar Asmat.

"Kami sedang membangun PPI di Omor dan diharapkan bisa beroperasi pada 2018. Tahun depan PLN akan membangun PLTD di lokasi itu," kata Bupati Kambu.

Ia mengatakan potensi perikanan di Asmat sangat besar mengingat wilayah itu berada di kawasan pesisir selatan Papua yang berhadapan dengan perairan Arafura serta dikelilingi banyak sungai yang lebar.

Kendala utama yang menyebabkan sebagian besar masyarakat Asmat yang berprofesi sebagai nelayan belum sejahtera lantaran usaha mereka masih bersifat tradisional untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidup keluarga sehari-hari.

"Potensi hasil tangkapan masyarakat sebetulnya sangat besar, cuma masalahnya belum ada kapal penampung sehingga kalau hasil tangkapan berkelimpahan tidak ada yang tampung," jelas Kambu.

Dinas Perikanan dan Kelautan setempat, katanya, terus berupaya meningkatkan dukungan peralatan nelayan baik berupa alat tangkap seperti mesin perahu motor, cool box, jaring dan lainnya.

Selain itu, Pemkab Asmat juga mendorong masyarakat setempat untuk membudidayakan usaha perikanan darat di kampung-kampung yang jauh dari laut.

"Anggaran di sektor perikanan terus kita tingkatkan baik untuk perikanan tangkap maupun budidaya ikan air tawar melalui pengadaan benih ikan mujair dan lainnya di hampir semua kampung," jelas Bupati Kambu.

Melalui berbagai upaya itu diharapkan hasil perikanan Kabupaten Asmat ke depan semakin berlimpah dan dapat dikirim ke berbagai daerah lain di Papua, Indonesia bahkan dapat diekspor hingga ke luar negeri. (Ant)
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel