Bupati Merauke Minta BPS dan SKPD Samakan Data Perkembangan

SAPA (MERAUKE) - Bupati Merauke, Frederikus Gebze, mengharapkan adanya persamaan data antara Badan Pusat Statistik (BPS) dan puluhan SKPD di kabupaten itu. Ini karena, selama ini data perkembangan Merauke masih simpang siur dan perlu disamakan.

"Contoh data penduduk. Ini masih simpang siur antara data yang dikeluarkan oleh BPS serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Harap kita simpulkan dan putuskan data yang kita pakai adalah data yang dibuat bersama. Jadi kita tidak boleh pakai data dobel," kata Bupati Gebze dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Kabupaten Merauke Agustinus Joko Guritno, di Merauke, Senin (1/8).

Ia mengharapkan, pihak BPS menyampaikan cara menyusun dan menyajikan data secara angka kepada SKPD terkait agar ada kesamaan data bisa akurat.

"Kalau data tidak berdasarkan pada sumber yang tidak bisa dipercaya, fakta, maka keputusan yang diambil oleh pimpinan nanti akan menyimpan dari tujuan yang dicita-citakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Merauke Trisno L Tamanampo, mengatakan pihaknya siap membantu menyajikan data yang akurat kepada pemkab, termasuk siap membantu melakukan survei.

"Kami bisa membantu dalam hal metodologi dan kami bisa mempromosikan metodologi yang sudah kami siapkan kepada instansi maupun kepada masyarakat," katanya.

Untuk menyamakan data perkembangan Merauke dalam angka, kata dia, BPS telah mengumpulkan data dari SKPD terkait seperti dinas pertanian, perikanan serta dinas kependudukan dan catatan sipil.

"Data yang sudah disampaikan oleh dinas-dinas ini belum disempurnakan dan melalui pertemuan nanti kita samakan lalu dibuatkan Merauke dalam bentuk angka," katanya. (Ant)
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel