50 Pelajar Puncak Jaya Dilatih Kodim 1714

SAPA (MULIA) - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-71, Bintara Staf Teritorial (Bater) Kodim 1714/Puncak Jaya melaksanakan kegiatan pelatihan olah keterampilan kepada pelajar SMPN 1 Mulia.

Pelatihan yang bertempat di halaman apel Makodim 1714/PJ, Jalan Philipus Andreas Coem, Kota Baru Mulia, Sabtu (30/7) ini. Diikuti sekitar 50 orang siswa-siswi yang melaksanakan dengan penuh semangat dan antusias.

Anggota Staf Teritorial Kodim 1714/PJ Serda Amirudin Way selaku pelatih dalam kegiatan ini memberikan materi Syarat Kecakapan Khusus Penanggulangan Bencana (SKKPB), antara lain Bongkar Pasang Tenda dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), antara lain Tekhnik Membidai dan Kolone Tongkat.

“Kami berikan materi ini adalah untuk memberikan dan meningkatkan keterampilan kepada para siwa-siswi dalam hal pemberian ‘Pertolongan Pertama’ seandainya suatu saat terjadi musibah, bencana alam maupun hal-hal lain yang tidak kita inginkan,” ujar Serda Amunudin disela-sela kegiatan.

Selain memberikan dan meningkatkan keterampilan kepada para siwa-siswi SMPN 1 Mulia, tujuan lain dari kegiatan ini adalah memberikan pembekalan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan guna membentuk Jiwa Patriotis pada generasi muda dimulai sejak usia sekolah. Sesuai hasil koordinasi dengan pihak sekolah dan alokasi waktu yang ada, kegiatan ini akan dilaksanakan tiga kali seminggu diluar pelajaran formal sekolah.

Untuk meyakinkan apakah materi yang diberikan sudah diterima dengan baik atau belum, nantinya akan dicarikan waktu khusus untuk mengujinya. Mereka akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan saling berlomba satu sama lain sehingga dapat diketahui mana yang sudah baik dan mana yang masih kurang untuk diadakan pengulangan materi kegiatan.

“Puncak dari kegiatan ini, rencananya akan ditampilkan dalam bentuk Demonstrasi setelah upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71.  Disamping untuk mengisi kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI, juga untuk mematangkan hasil pelaksanaan kegiatan para siswa-siswi ini,” ujar Aminudin.

Apriani Telenggen, siswi kelas 8 SMPN 1 Mulia yang merupakan puteri daerah asli Puncak Jaya mewakili rekan-rekannya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga disamping kegiatan dan pelajaran formal dari sekolah kami juga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lain. Sambil tersenyum ia mengatakan

"Saya senang mengikuti kegiatan ini, apalagi nanti bisa tampil untuk mengisi kegiatan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI," ungkapnya. (red)
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel