28 Paskibra HUT RI Wilayah Lowland Freeport Dikukuhkan

28 Paskibra HUT RI wilayah lowland PT Freeport Indonesia ketika bergantian untuk mencium bendera merah putih. SAPA/ACI 

SAPA (TIMIKA) – Vice President Security Risk Management PTFI Amarullah, mengukuhkan 28 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) HUT RI ke 71 untuk wilayah dataran rendah (lowland) PT Freeport Indonesia, di Gedung  Multi Purpose Building pada Senin (15/8) malam.

Acara pengukuhan serta penandatanganan naskah upacara bendera HUT RI 2016 ini, dihadiri oleh Vice President Community Development Claus Wamafma, Ketua Panitia HUT RI PTFI Lowland Arief Wiriadinata, serta para orang tua siswa.

Sebelum dikukuhkan, para  siswa SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya  Kuala Kencana (YPJ KK)  yang terpilih untuk mengibarkan bendera sang merah putih, mengucapkan Ikrar Pemuda Indonesia yang berisikan keiklasan mereka dalam mengembankan tugas sebagai pengibar bendera pusaka. Karena bendera merah putih merupakan lambang persatuan, keberanian, dan kesucian Bangsa Indonesia.

Usai mengucapkan Ikrar,  dengan  diiringi oleh lagu Padamu Negeri,  satu persatu anggota Paskibra mencium bendera merah putih sebagai kiasan kesediaan  untuk senantiasa setia berbakti pada bumi pertiwi Indonesia.

Dalam sambutan Vice President Security Risk Management PTFI Amarullah menegaskan agar, seluruh anggota Paskibra harus bisa menjalankan tugas penting yang dilimpahkan sebagai pemuda dan pemudi generasi penerus Bangsa Indonesia.

Ia menambahkan, sejak masa perjuangan, para pahlawan telah menumpahkan darah mereka demi mempertahankan Indonesia, sehingga tahun 1945 pun Indonesia bisa merdeka dari penjajahan. Terkait dengan hal tersebut, maka tugas dari generasi penerus adalah, mengenang jasa para pahlawan tersebut, serta menghargai semua peninggalan mereka seperti bendera merah putih.

“Bertugas sebagai pengibar bendera pusaka merah putih, itu bukan hal yang biasa dan untuk main – main, tetapi itu harus dijalankan dengan penuh kesungguhan. Buktikan bahwa, kalian semua generasi muda yang bisa mempertahankan kemerdekaan diatas bumi pertiwi ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia HUT RI PTFI  Lowland  Arief Wiriadinata menerangkan, kegiatan ini merupakan hal yang rutin dilakukan oleh PTFI dalam melaksanakan HUT RI.

Dijelaskan, meski dalam kondisi PTFI yang masih belum normal, akan tetapi perayaan ini  tetap dilaksanakan mengingat sebagai hari bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Ia menambahkan, usai acara pengibaran bendera, akan digelar bazar sembako, atraksi drumband oleh SMP YPJ KK, serta beberapa lomba yang melibatkan warga Kuala Kencana seperti, tarik tambang, lari karung dan yang lainnya. Kemudian pada sore hari akan  diadakan upacara penurunan bendera, serta dilanjutkan dengan hiburan malam yang akan dihadiri oleh artis Ibu kota.

“Perayaan tahun ini tidak semeriah tahun sebelumnya, karena kondisi PTFI yang masih belum pulih. Tanggal 17 usai upacara kenaikan bendera, akan ada bazar sembako, drumband dari SMP YPJ KK, acara tarik tambang, serta  lari karung yang melibatkan warga Kuala Kencana. Kemudian setela acara penurunan bendera akan dilanjutkan dengan hiburan bersama artis ibu kota,” jelas Arief. (Cr1)
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel