Philipus Wakerkwa di Tunjuk Jadi Ketua KADIN Mimika

Pelantikan ketua KADIN Mimika periode 2016-2021 - ISTIMEWA/ DEDY MAMBOAY PATTIKAWA
SAPA (TIMIKA) – Dalam pelaksanaan Musyawarah Kabupaten (Muskab) IV Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Mimika, Philipus Wakerkwa akhirnya ditunjuk sebagai Ketua KADIN Mimika, periode 2016-2021.

Pelaksanaan Muskab IV Kadin Mimika yang dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel dan Resto Cenderawasih 66, pada Jumat (29/7) dihadiri Ketua KADIN Provinsi Papua, Adolof Alphius Asmuruf. Dimana kehadiran Ketua KADIN Provinsi Papua tersebut, sekaligus melantik Ketua KADIN Mimika yang baru.

“DPD KADIN Mimika itu lima tahun, kalau sudah habis ya kita pemilihan lagi. Yang terpilih kali ini pak Philipus Wakerkwa. Yang dilakukan dengan cara musyawarah, dan sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART),” kata Adolof, saat diwawancara dilokasi kegiatan berlangsung.

Dijelaskan oleh Adolof, bahwa Muskab KADIN Mimika merupakan agenda rutin yang sudah lama tidak dilaksanakan. Bahkan sudah tertunda beberapa tahun. Dimana pada 2014 lalu, KADIN Papua memberikan mandat untuk melaksanakan Muskab dan memilih ketua yang baru. Namun hal itu belum dilaksanakan saat KADIN Mimika dipimimpin ketua yang lama, yakni Decky Tenouye.

“Jadi kita sudah kasih surat mandat, SK yang berlaku enam bulan di tahun 2014, tapi itu tidak dilaksanakan,” katanya.

Ia menjelaskan, selanjutnya pada Februari 2016, Ketua KADIN Papua akhirnya datang ke Timika bersama dengan Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Aples Numberi, untuk menayakan penyebab Muskab belum dilaksanakan. Setelah diketahui penyebabnya, akhirnya diperpanjang kepengurusan yang lama dan memberikan waktu dua bulan. Namun hingga Mei 2016 Muskab tidak juga terlaksana. Akhirnya dengan berat hati KADIN Papua, mencabut mandat dan memberikannya kepada Philipus Wakerkwa untuk menyiapkan pelaksanaan Muskab ke IV.

“Sampai Mei tidak dilaksanakan lagi, ya sudah. Dengan berat hati mandat kita cabut dari ketua Kadin Mimika yang lama. Dan menunjuk Philipus Wakerkwa untuk melaksanakan Muskab,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan Muskab IV KADIN Mimika, ada tiga kandidat yang maju untuk pemilihan. Namun pada saat break (istirahat-red), dua kandidat ini mengundurkan diri. Dan mendukung Philipus Wakerkwa untuk menduduki posisi ketua KADIN Mimika.

“Kalau misalnya ada dua atau lebih menjadi kandidat, pemilihan ketua dilakukan melalui pemungutan suara. Namun karena dua kandidat mengundurkan diri, sehingga tinggal satu calon. Maka secara otomatis Philipus Wakerkwa terpilih sebagai Ketua KADIN Mimika,”terang Adolof.

Kata dia, pihaknya berharap Ketua KADIN Mimika yang baru dilantik ini, agar membentuk kepengurusan KADIN Mimika yang baru. Dan dapat menjadi mitra yang baik dengan pemerintah, khususnya pemerintah daerah (Pemkab) Mimika. Terutama membangun komunikasi dibidang ekonomi, memfasilitasi pengusaha-pengusaha yang ada disini (Mimika) dengan pemerintah daerah, memfaslitasi pengusaha dengan investor yang lokal, nasional maupun internasional (asing).

“ Selain itu, KADIN Mimika harus mengayomi semua pengusaha yang ada di Mimika, dan membantu pengusaha kecil menjadi pengusaha besar. Apalagi saat ini Indonesia telah memasuki pasar bebas masyarakat ekonomi asia (MEA),” tuturnya.

Sementara itu Ketua KADIN Mimika, Philipus Wakerkwa mengatakan, kedepan KADIN Mimika tidak tinggal diam dalam menghadapi MEA. Dimana KADIN Mimika akan membenahi diri dan memperhatikan anggota, serta mensejahterakan masyarakat.

“Kami tidak tinggal diam, kami harus membenahi diri, supaya betul-betul memperhatikan dan meningkatkan pendapatan anggotanya. Serta mensejahterakan masyarakat. Dan ini peranan penting yang harus dilakukan KADIN, dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya. (Saldi Hermanto)
Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel