Anak Sekolah di Manokwari Diduga Budidaya Ganja

SAPA (MANOKWARI) - Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Papua Barat mensinyalir, budidaya tanaman ganja dan peredarannya mulai dilakukan hingga kalangan anak-anak usia SMP di wilayah Kabupaten Manokwari dan sangat meresahkan para orang tua.

"Di Manokwari ganja sudah lebih mudah didapat, karena proses budidaya sudah dilakukan di wilayah perkotaan Manokwari. Kita tidak perlu mendatangkan dari luar daerah, cukup cari di Manokwari saja," kata Ketua LPA Napoleon Fakdawer di Manokwari, Rabu (27/7).

Dari investigasi yang dilakukan, ia menemukan sedikitnya delapan lokasi budidaya ganja. Para pelaku memanfaatkan pot sebagai media penanaman.

Dia menyebutkan, penelusuran akan terus dilakukan. Sejauh ini penelusuran baru dilakukan di wilayah perkotaan, dan dia menduga budidaya pun terjadi di wilayah pinggiran kota.

"Mereka rata-rata adalah para pemain lama di dunia peredaran narkoba. Mereka mencoba peruntungan baru dari bisnis budidaya ganja," katanya lagi.

Napoleon menjelaskan Lembaga Perlindungan Anak Papua Barat baru terbentuk sekitar dua bulan lalu. Saat ini, pihaknya sedang fokus untuk mengumpulkan data baik mengenai peredaran ganja, kasus kekerasan, hingga prostitusi yang melibatkan anak di bawah umur.

Bagi dia, ketersediaan data yang valid penting agar pihaknya bisa menentukan langkah yang tepat dalam program perlindungan anak.

Terkait budidaya ganja di daerah tersebut, ia telah menyampaikan informasi tersebut kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua Barat Kepolisian setempat. Ia berharap, kedua lembaga tersebut segera merespon melalui proses penindakan.

Dia menjelaskan, anak-anak Papua Barat kini tengah diperhadapkan dengan sejumlah ancaman. Selain kekerasan, mereka pun terancamm oleh praktek prostitusi liar, narkoba dan penyalahgunaan lem aibon yang dapat merenggut masa depan.

"Ini bukan hanya terjadi di Papua Barat dan ini persoalan serius yang harus dihadapi semua pihak. Kita tidak boleh berpangku tangan dan menyerahkan seluruh persoalan kepada pemerintah," katanya. (ant)

0 Response to "Anak Sekolah di Manokwari Diduga Budidaya Ganja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel