Telkomsel Pasang 140 BTS di Kawasan Wisata
SAPA (MEDAN) - Telkomsel sudah memasang 140 "Base Transceiver Station" atau BTS di sekitar 12 kawasan wisata utama Indonesia termasuk di dalamnya Danau Toba, Sumatera Utara guna mendukung upaya pemerintah memajukan pariwisata sehingga menarik kunjungan wisatawan.
"Dari 140 BTS itu sebanyak 50 persen di antaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) untuk menjamin kenyamanan dalam mengakses layanan data yang semakin banyak dimanfaatkan pelanggan," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangan yang diterima di Medan, Jumat.
Destinasi wisata utama Indonesia tersebut adalah Danu Toba, Sumut, Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Tanjung Lesung (Banten), Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Bunaken (Sulawesi Utara), dan Raja Ampat (Papua Barat).
Menurut dia, sebenarnya dari sisi jangkauan jaringan, lebih dari 80 persen wilayah di masing-masing kawasan sudah ter"cover" jaringan Telkomsel sehingga pelanggan tetap terkoneksi pada saat menjelajahi lokasi wisata.
Adapun penguatan jaringan 4G dilakukan karena pelanggan lebih cenderung menggunakan layanan data ketimbang layanan suara dan SMS.
Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya wisatawan menggunggah foto dan video aktivitas maupun panorama di lokasi wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.
Wisatawan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori wisata kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya seru yang bisa dilakukan di lokasi wisata.
Dia menjelaskan, optimalisasi jaringan yang dilakukan di 12 kawasan wisata tersebut antara lain membangun BTS 4G baru, meng-upgrade BTS existing menjadi BTS 4G, menambah kapasitas transmisi jaringan, serta memperluas jangkauan jaringan.
Selain di 12 destinasi wisata utama, Telkomsel juga melakukan pemeliharaan kualitas jaringan secara rutin di ratusan lokasi wisata dalam upaya mendukung pemerintah mempromosikan pariwisata Indonesia.
Kehadiran infrastruktur telekomunikasi sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah sehingga manejemen berharap jaringan Telkomselyang semakin bagus mampu menarik banyak wisatawan untuk menikmati `Wonderful Indonesia.
Selain di 12 destinasi wisata utama, Telkomsel juga melakukan pemeliharaan kualitas jaringan secara rutin di ratusan lokasi wisata mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, termasuk menggelar kegiatan True Broadband Experience (TrueBEx).
"Telkomsel mendukung penuh upaya pemerintah menarik minat wisatawan berkunjung ke Indonesia dengan target kedatangan wisatawan asing sebesar 12 juta dan wisatawan nusantara 260 juta orang," kata Ririek Adriansyah.
Dukungan terus semakin diperkuat karena pada 2019, kunjungan wisman diharapkan bisa mencapai 20 juta. (ant)
"Dari 140 BTS itu sebanyak 50 persen di antaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) untuk menjamin kenyamanan dalam mengakses layanan data yang semakin banyak dimanfaatkan pelanggan," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangan yang diterima di Medan, Jumat.
Destinasi wisata utama Indonesia tersebut adalah Danu Toba, Sumut, Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Tanjung Lesung (Banten), Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Bunaken (Sulawesi Utara), dan Raja Ampat (Papua Barat).
Menurut dia, sebenarnya dari sisi jangkauan jaringan, lebih dari 80 persen wilayah di masing-masing kawasan sudah ter"cover" jaringan Telkomsel sehingga pelanggan tetap terkoneksi pada saat menjelajahi lokasi wisata.
Adapun penguatan jaringan 4G dilakukan karena pelanggan lebih cenderung menggunakan layanan data ketimbang layanan suara dan SMS.
Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya wisatawan menggunggah foto dan video aktivitas maupun panorama di lokasi wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.
Wisatawan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori wisata kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya seru yang bisa dilakukan di lokasi wisata.
Dia menjelaskan, optimalisasi jaringan yang dilakukan di 12 kawasan wisata tersebut antara lain membangun BTS 4G baru, meng-upgrade BTS existing menjadi BTS 4G, menambah kapasitas transmisi jaringan, serta memperluas jangkauan jaringan.
Selain di 12 destinasi wisata utama, Telkomsel juga melakukan pemeliharaan kualitas jaringan secara rutin di ratusan lokasi wisata dalam upaya mendukung pemerintah mempromosikan pariwisata Indonesia.
Kehadiran infrastruktur telekomunikasi sangat penting dalam menunjang potensi wisata suatu daerah sehingga manejemen berharap jaringan Telkomselyang semakin bagus mampu menarik banyak wisatawan untuk menikmati `Wonderful Indonesia.
Selain di 12 destinasi wisata utama, Telkomsel juga melakukan pemeliharaan kualitas jaringan secara rutin di ratusan lokasi wisata mulai dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, termasuk menggelar kegiatan True Broadband Experience (TrueBEx).
"Telkomsel mendukung penuh upaya pemerintah menarik minat wisatawan berkunjung ke Indonesia dengan target kedatangan wisatawan asing sebesar 12 juta dan wisatawan nusantara 260 juta orang," kata Ririek Adriansyah.
Dukungan terus semakin diperkuat karena pada 2019, kunjungan wisman diharapkan bisa mencapai 20 juta. (ant)
0 Response to "Telkomsel Pasang 140 BTS di Kawasan Wisata"
Post a Comment