Pengiriman Hasil Laut Mimika Keluar Papua Meningkat

SAPA (TIMIKA) – Komoditas hasil laut Mimika sangat diminati oleh daerah di luar Papua. Ini terbukti, dari data yang dimiliki oleh Kantor Karantina Ikan Wilayah Kerja (Wilker) Timika, dari Januari sampai Juli terjadi banyak pengiriman dalam jumlah yang besar ke luar Papua.

“Komoditas hasil laut yang banyak diminati, yakni ikan, udang, dan kepiting. Dimana daerah sasarannya adalah Denpasar, Surabaya, dan Jakarta,“ kata Pengendali Hama Penyakit Ikan (PHPI) Lanjutan Karantina Ikan Wilker Timika, Denni Mikael Koromath, A,Md.

Menurutnya, ikan, udang dan kepiting yang dikirim keluar Papua memiliki kualitas terbaik. Peningkatan komoditas ke luar Papua ini, dikarenakan banyaknya permintaan dari konsumen.  Dimana komoditas tersebut berasal dari perairan Mimika.

“ Permintaan ikan tergantung dari permintaan dari konsumen dari luar Papua. Tapi yang jelas, komoditi yang sering dikirim dalam jumlah besar seperti kepiting. Ditambah udang banana dan udang tiger,”katanya saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Senin (1/8).

Lanjutnya, selain komoditas yang berasal dari Mimika, ada juga yang berasal dari daerah lain di Papua. Namun pengirimannya melalui Mimika, seperti ikan Kerapu dan Mubara.  Sehingga ini membuktikan, bahwa Mimika merupakan daerah transit dan penghasil yang cukup tinggi.

“Mimika ini merupakan daerah pengiriman dan transit terpadat, dibandingkan daerah lain. Ini karena, Mimika berada di tengah-tengah wilayah provinsi Papua,”ungkapnya. (Ricky Lodar)

0 Response to "Pengiriman Hasil Laut Mimika Keluar Papua Meningkat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel