Dispenda Optimis Pencapaian PAD 2016 Mencapai Target

SAPA (TIMIKA) – Hingga Juli 2016, pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mimika telah mencapai 65 persen dari target sebesar Rp3 triliun. Dari perolehan tersebut, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Mimika, optimis target PAD sampai akhir tahun tercapai.

“ Pencapaian 65 persen dari target merupakan pencapaian yang baik. Dan saya yakin bahwa pendapatan akan mencapai target dalam beberapa bulan terakhir ini,” kata Kepala Dispenda Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga, SE.,M.Si yang ditemui Salam Papua, Selasa (2/8) diruang kerjanya.

Ia menjelaskan, 65 persen pencapaian ini sebesar Rp1,7 triliun. Pencapaian ini dari beberapa sumber pendapatan, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Hotel dan hiburan, Pajak Restoran, dan yang lainnya. Ini menunjukkan, bahwa Kabupaten Mimika dengan ibukotanya Timika, memiliki tingkat kesibukan yang cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan banyaknya hotel dan tempat hiburan yang ada di Kota Timika. Ditambah lagi, dengan adanya kegiatan pekan panitan pajak yang diselenggarakan setiap tahunnya.

“ Mimika merupakan daerah penyangga bagi kabupaten lainnya, sehingga tingkat kedatangan masyarakat ke Mimika menjadi faktor dari perolehan pendapatan,”kata Yanengga.

Sementara untuk sisa dari pencapaian target, Yanengga menjelaskan, pada Oktober nanti ada beberapa jenis penerinaa yang akan didapatkan, salah satunya Lamsam PT Freeport Indonesia (PT FI). Dari kondisi tersebut, maka peningkatan PAD akan terlihat lebih jelas pada November nanti. Dan ini sudah masuk pada dalam perencanaan penerimaan.

Sementara itu disinggung mengenai kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, Paulus mengatakan, sejauh ini kesadaran masyarakat dalam membayar pajak sangat tinggi. Ini terlihat dengan penerimaan pendapatan hingga Juli mengalami peningkatan. Walaupun ada sedikit kendala dengan kondisi keamanan apabila terjadi konflik, sehingga membuat antusiame warga  sering menurun.

“Kalau untuk kesadaran masyarakat dalam membayar pajak sangat tinggi. Namun kalau situasi keamanan tidak kondusif, maka menjadi kendala dalam penerimaan pendapatan. Jadi kalau aman pasti pembayaran pajak juga akan baik dan mengalami peningkatan,” tuturnya.
Kata dia, namun pihaknya optimis, bahwa sampai akhir tahun anggaran 2016 ini, PAD Mimika mencapai target. Ini karena dilihat dari jumlah pemasukan hingga bulan Juli yang mengalami peningkatan signifikan.

“ Kami yakin target akan tercapai tahun ini, karena tinggal beberapa bulan lagi pasti kita capai,” pungkasnya. (Ricky Lodar/ Indri Yani Pariury)

0 Response to "Dispenda Optimis Pencapaian PAD 2016 Mencapai Target"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel