Pemerintah Akan Anggarkan Kerusakan Pasca Penyerangan di Iliale

SAPA (TIMIKA) – Pemerintah Kabupaten Mimika akan menganggarkan semua kerusakan yang ditimbulkan, pasca penyerangan kelompok warga yang terjadi di wilayah Ililae, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua pada Senin (25/7) kemarin. Demikian disampaikan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE.

“Begitu kalau mereka (kubu bawah-red) terima dan bakar itu jenazah, maka kerusakan akibat dari pada perang yang kemarin, rumah yang rusak dan segala macam yang habis itu, kita akan anggarkan untuk menyelesaikan soal itu,” jelas Bupati, Selasa (27/7), di Cenderawasih 66, Timika.

Saat ini juga tim yang dipimpin langsung Asisten I Setda Mimika, Kristian Karubaba, sedang melakukan pendataan terkait rumah-rumah yang dibakar, maupun harta benda masyarakat Ililale yang dirusak akibat penyerangan Senin kemarin.

“Jadi tim yang dipimpin Asisten I sudah mulai data berapa rumah yang dibakar, mobil dan motor yang rusak, dan korban jiwa.  Dari data tersebut, baru dianggarkan dalam perubahan nanti,” katanya.

Selain itu, terkait dengan bantuan pemerintah kepada para pengungsi yang kebanyakan merupakan warga Iliale pada sejumlah gereja dan rumah-rumah warga di  Kelurahan Karang Senang (SP 3). Pemerintah pun telah memberikan bantuan berupa bahan makanan. Bantuan tersebut akan terus berjalan, sampai situasi dan keamanan di Kwamki Narama maupun Ililale kembali kondusif.

“Bantuan bentuk makanan kepada pengungsi yang sebagian besar itu ada di Gereja GIDI SP 3 sudah berjalan. Dab kami akan terus memberikan bantuan,” tuturnya. (Saldi Hermanto)

0 Response to "Pemerintah Akan Anggarkan Kerusakan Pasca Penyerangan di Iliale"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel