Kudeta Militer Turki di Ankara dan Istanbul Guncangkan Upaya Melawan Kurdi dan ISIS

Militer Turki melancarkan kudeta terhadap pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan, para pejabat Turki dan tentara mengatakan pada Jumat (15/7) malam mengatakan ini meningkatkan jurang pemisah antara militer  dan pemimpin negara,  selanjutnya akan mengguncangkan persekutuan untuk berperang melawan gerilyawan Kurdi dan ISIS yang semakin menggila.

Militer sebelumnya menyatakan adanya darurat militer danmengumumkan pengambilalihan pemerintahan Turki di ibukota, Ankara. kendaraan lapis baja dan personil militer dikerahkan di bidang utama Ankara dan Istanbul. Helikopter dan jet tempur terbang rendah di atas wilayah perkotaan.

Pendukung Erdogan dan keputusannya Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) turun ke jalan di beberapa kota besar seperti pemerintah diperangi berjuang untuk mempertahankan kontrol.

Media Turki melaporkan bahwa helikopter tempur menembaki sebuah bangunan media pemerintah dan markas intelijen di Ankara, dan kantor berita Reuters mengatakan tank-tank telah mengepung parlemen. Seorang pejabat senior Turki mengatakan F-16 jet tempur Turki ditembak jatuh sebuah helikopter yang telah dibajak oleh "komplotan kudeta."

"Angkatan Bersenjata Turki, sesuai dengan konstitusi, telah menyita pengelolaan negara untuk mengembalikan demokrasi, hak asasi manusia, dan kebebasan, dan untuk memastikan ketertiban umum, yang telah memburuk," Staf Umum Angkatan Bersenjata mengatakan dalam sebuah pernyataan .

Erdogan, yang kritikus mengatakan telah tumbuh semakin otoriter, berbicara kepada bangsa melalui FaceTime - yang disiarkan di CNN Turk, saluran Turki-bahasa jaringan - dan mendesak orang-orang untuk berkumpul di alun-alun publik untuk menentang intervensi.

Presiden sebelumnya tampaknya memiliki pegangan kuat tuas kekuasaan, termasuk petinggi militer yang muncul gentar menjadi tunduk. Tapi pada hari Jumat, ia berbicara dari sebuah lokasi yang dirahasiakan.

"Rantai komando telah dilanggar," kata Erdogan. "Pengadilan cepat akan menanggapi serangan ini."

kudeta berusaha kemungkinan bergema di seluruh wilayah yang sudah berlumuran darah dan kacau. Turki adalah baik anggota NATO dan bagian dari koalisi pimpinan AS melawan Negara Islam, yang telah kehilangan banyak wilayah di Irak dan Suriah tetapi membutuhkan perbatasan Suriah dengan Turki untuk menyalurkan senjata dan pejuang. Turki juga memungkinkan pesawat AS menggunakan Incirlik Air Base terbang serangan bom pada jihad di Suriah.

Dalam pernyataan bersama, Presiden Obama dan Menteri Luar Negeri John F. Kerry menyuarakan dukungan bagi pemerintah Turki dan mendesak menahan diri untuk menghindari pertumpahan darah. (BERITA:WASHINGTONPOST/ GAMBAR:)

0 Response to "Kudeta Militer Turki di Ankara dan Istanbul Guncangkan Upaya Melawan Kurdi dan ISIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel